fbpx

Autopilot

Dave Ulrich & Norm Smallwood

“Aku dengar aku lupa, aku lihat aku ingat, aku lakukan aku paham”. Itulah salah satu kata bijak dari Confusius, dari kata bijak ini bisa kita ambil benang merah pentingnya melakukan sesuatu sebagai pembelajaran dan melakukannya secara langsung.

Setiap manusia mempunyai yang namanya pikiran bawah sadar, meskipun peran pikiran bawah mengambil keputusan hanya 20%, tetapi pikiran bawah sadar menguasai 80% pikiran manusia. “Nah, bagaimana cara mengoptimalkan potensi 80% pikiran manusia tersebut?”. Pikiran bawah sadar tidak bisa memedakan yang baik dan benar, tetapi pikiran bawah sadar mempunyai kemampuan membentuk pola untuk membentuk autopilot.

Coba amati aktivitas sehari-hari semisal mengendarai mobil. Pada tahap awal akan sulit sekali untuk menciptakan gerak harmonis antara coupling, rem, gas dan transmisi, sering kali lebih banyak mesin yang mati dibandingkan mobil yang bergerak. Namun seiring berjalannya waktu semua itu sudah tidak perlu diingat atau diperintah, seolah-olah gerak tangan memindahkan transmisi, kaki yang menginjak coupling, rem dan gas sudah harmonis dengan sendirinya.

“Nah, itulah salah satu bentuk autopilot yang dibentuk oleh pikiran bawah sadar. Maka tidak mengherankan porsi pembelajaran dengan hasil optimal didapatkan dengan pengalaman yang dilakukan secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!